Yang Layak Menjadi Amir

Telah ditakhrijkan oleh At-Tirmidzi dan di hasankannya, Ibmu Majah, Ibnu Hibban dan lafadznya oleh Bukhari dari Abu Hurairah ra. katanya, Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam telah mengutus satu jema’ah yang terdiri dari beberapa orang. Sebelum mengutus mereka keluar, Rasulullah SAW telah mendengarkan bacaan Al-Qur’an dari setiap orang dari mereka. Baginda SAW telah mendatangi seorang lelaki yang paling muda di antara mereka lalu bertanya, “Adakah kamu menghafal Al-Qur’an?”. Lelaki itu menjawab, “Ya, aku hafal beberapa surah dan surah Al-Baqarah”. Rasulullah SAW bertanya lagi, “Apakah kamu hafal surah Al-Baqarah?”. Pemuda itu menjawab, “Ya”. Rasulullah SAW pun bersabda, “Pergilah, kamu adalah amir mereka”. Seorang lelaki dari kalangan mereka berkata, “Demi Allah! Kami takut untuk menghafalnya sekiranya kami terpaksa mengamalkannya”. Rasulullah SAW telah bersabda, “Belajarlah Al-Qur’an dan bacalah ia, karena sesungguhnya perumpamaan Al-Qur’an itu bagi sesiapa yang mempelajarinya dan membacanya adalah seperti kasturi yang tersebar baunya di setiap tempat. Barang siapa yang mempelajarinya dan menyimpannya adalah seumpama tempat penyimpanan yang mengandung kasturi yang tertutup”.

Sebagaimana dalam kitab At-Targhib.

Ditakhrijkan oleh Al-Hakim dalam kitab Al-Kunya dari Asy-Sya’shy seumpamanya katanya, Umar bin Khathab telah berkata, “Tunjukkanlah kepadaku seorang lelaki yang patut akulantik sebagai amir untuk menguruskan hal ihwal kaum Muslimin?”. Mereka menjawab, “Abdul Rahman bin Auf (ra)”. Umar ra. berkata, “DIa seorang tua yang lemah”. Mereka bertanya, “Siapakah yang kamu kehendaki?”. Umar ra. menjawab,

Seorang lelaki, jika ia menjadi Amir mereka, ia menjadi seolah-olah orang biasa di antara mereka, dan apabila mereka ia tidak menjadi Amir mereka, ia seolah-olah adalah amir mereka.

Merekapun berkata, “Tidaklah kami ketahui seorangpun kecuali Ar-Rabi’ bin Ziyad Al-Haris”. Umar ra. pun berkata, “Kamu benar.”

Sebagaimana dalam kitab Al-Kanz

* artikel dikutip dari  Azhaar Jaafar

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s