Asmaul Husna Hiasi Mapolda Jatim

http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=55076

[ Selasa, 03 Maret 2009 ]

SURABAYA – Nuansa religi kini mewarnai markas-markas polisi. Kapolda Jatim Brigjen Pol Anton Bahrul Alam meminta jajarannya melantunkan 99 nama Allah (asmaul husna) setiap selesai apel pagi. Diharapkan iman dan takwa anggota polisi selalu terbina.

Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Pudji Astuti mengatakan, nuansa baru itu memang merupakan permintaan langsung Kapolda. “Tujuannya, peningkatan iman dan takwa bagi polisi yang muslim,” katanya.

Menurut perwira dengan tiga mawar di pundak tersebut, kebiasaan baru ini merupakan tambahan yang bagus. ”Tak perlu saya uraikan panjang lebar. Siapa pun yang menghafal dan melafazkan asmaul husna pasti akan mendapat pengaruh bagus,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Pudji, kebiasaan baru itu bersifat imbauan, tidak memaksa. “Pelaksanaannya terserah pada kebijakan satuan wilayah masing-masing,” ucapnya.

Sejak resmi menjabat Kapolda pada 19 Februari lalu, Anton juga sering berkeliling salat subuh di masjid-masjid satuan wilayahnya. Entah itu polres, polwil, maupun polsek. Para polisi yang piket jaga di satuan wilayah itu ikut subuhan.

Menurut Pudji, kebiasaan subuhan itu punya makna ganda. Selain kebiasaan subuhan di masjid, juga meningkatkan kesiapan. ”Bangun pagi, kemudian salat subuh, bisa menyegarkan pikiran. Kinerja bisa meningkat,” tutur Pudji. Anton pun gemar mengimbau anak buahnya untuk rajin tadarus (mengaji bersama). (ano/roz)

Surabaya – Kapolda Jatim baru ternyata mempunyai instruksi unik untuk anak buahnya. Mantan Kapolda Kalimantan Selatan yang memang dikenal agamis tersebut, menginstruksikan sholat berjamaah bagi seluruh anggota polisi yang berada di wilayah Polda Jawa Timur.Dalam pidato usai pelantikan atas dirinya, Brigjen Pol Anton Bachrul Alam mengatakan bahwa untuk menciptakan suasana sejuk dan damai di Jawa Timur, maka masyarakatnya harus taat beribadah, dan itu dimulai dalam tubuh kepolisian.

“Agar Jawa Timur sejuk, ibadah harus ditegakkan, bagi yang muslim, harus sholat berjamaah,” ujar Anton dalam pidatonya kepada anggota Mapolda Jatim beberapa waktu lalu.

Rupanya instruksi sholat berjamaah tersebut ditindak lanjuti secara serius oleh Anton, hal ini dibuktikan dengan ajakan sholat berjamaah melalui pengeras suara setiap kali waktu sholat di lingkungan Mapolda Jatim. Bunyi ajakan sholat tersebut kurang lebih sebagai berikut.

“Kepada setiap anggota Polda Jatim, sesuai atensi Kapolda, bagi yang beragama Islam, diharap sholat berjamaah di Masjid Nurul Huda (kompleks Polda Jatim) dan tinggalkan segala bentuk aktivitas, tertanda karo ops Mapolda Jatim”.

Ajakan tersebut ternyata sangat berpengaruh, Masjid Nurul Huda kompleks Mapolda Jatim yang biasanya sepi, dari pantauan beritajatim.com tadi siang sewaktu sholat Dzuhur, Selasa (24/02/2009), terlihat penuh hingga ke halaman depan masjid.

.gallery { margin: auto; } .gallery-item { float: left; margin-top: 10px; text-align: center; width: 33%; } .gallery img { border: 2px solid #cfcfcf; } .gallery-caption { margin-left: 0; }

Tak hanya menginstruksikan sholat saja, Anton juga memerintahkan seluruh anggotanya, baik yang beragama Islam maupun beragama lain untuk meninggalkan aktivitas pekerjaannya sepuluh menit sebelum waktu sholat untuk berbondong-bondong ke Masjid. Sedangkan bagi yang beragama lain, diharapkan untuk berkumpul di suatu tempat dan melakukan doa atau ibadah menurut ajarannya.

Selain perintah sholat, Anton juga memerintahkan seluruh anak buahnya baik yang ada di Mapolda Jatim maupun jajaran untuk melakukan baca Al Quran sebanyak 30 juz (khatam) setiap harinya sehabis sholat subuh.

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Puji Astuti, Puji membenarkan bahwa instruksi kapolda mengenai sholat dan baca Al Quran tersebut memang sedang giat dilakukan oleh anggota polisi di seluruh jajaran Polda Jatim.

“Ya, kita memang sedang giat menjalankan kegiatan keagamaan,” ujar Puji saat ditemui di Mapolda Jatim jalan A Yani Surabaya, Selasa (24/2/2009).

Instruksi Anton untuk segera meninggalkan aktivitas ketika memasuki waktu sholat tersebut tidak hanya kepada anak buahnya saja, Anton sendiri juga melakukan hal yang sama, ini bisa dibuktikan ketika acara serah terima jabatan sebagai kapolda beberapa waktu lalu, Anton bersama Kapolda lama Irjen Pol Herman S Sumawireja meninggalkan acara sejenak, ketika sudah tiba waktu sholat Ashar dan melaksanakan sholat berjamaah di Masjid Nurul Huda kompleks Mapolda Jatim.[rif/kun] Reporter : Arif Fajar A

sumber : http://dalamdakwah.wordpress.com

1 Komentar

  1. tolong kirimkan bunyi asmaul husna . trima kasih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s